Rabu, 03 Juni 2015

Amazing Day

Kemarin adalah tanggal merah yg kualitasnya super duper amazing WOW-WOW buat gue..
Karena hari itu adalah harinya event Family and Consumer Day yg dibuat adik-adik kelas jurusan gue di kampus, sebagai kakak senior yg udah bangkotan *sadis banget*, gue dan senior-senior lainnya merasa perlu mendukung dan mengapresiasi hasil kerja keras adik-adik angkatan gue dengan menghadiri acara kuliah dan seminar yg pengisinya orang-orang yg hebat di bidangnya. *give applause.
Sejak pagi gue udah standby kece dengan penampilan terbaik buat berangkat ke almamater gue “Kampus Hijau” dimana gue pernah ditempa dan “disiksa” :p beberapa tahun belakangan sebagai mahasiswa. 

Amazing day dimulai sejak gue duduk dengan anggun dengerin kuliah dari dosen gue yg ke-charming-annya merebak sampe ke penjuru kampus. Ibu dosen yg ilmunya mulia memaparkan betapa pentingnya knowledge dalam membangun keluarga dan menciptakan generasi yg baik dan berkualitas untuk negara. Karena menikah adalah membangun generasi, maka mengapa sangat penting mempersiapkan kematangan baik dalam hal kesehatan fisik, reproduksi, ilmu dalam pengasuhan, tunainya tugas perkembangan saat remaja untuk masuk ke fase dewasa muda, sampe kepada perlunya emosi positif untuk menjalani kehidupan perkawinan.

Anyway, kebetulan gue ditakdirkan untuk ─pernah─ menjadi mahasiswi yg kuliah di jurusan ilmu keluarga. Bertambah bangga lah gue saat dipaparkan bahwa jurusan gue adalah satu-satunya dan pelopor yg berkonsentrasi menjadikan ilmu keluarga ─dan segala aspek-aspek yg meliputinya─ sebagai science di Indonesia. *sujud syukur dan sholat tobat

Surprise pun berlanjut ke paparan seminar seksologinya dr. Boyke Dian Nugraha yg jelasin pentingnya kesehatan reproduksi untuk mempersiapkan pernikahan. dr. Boyke juga cerita banyaaak banget pengalamannya menerima pasien remaja wanita yg hamil di luar nikah lah, fenomena remaja yg sex bebas lah, video aborsi yg kejam dan ─maaf─ b**dab lah.. ckckck. Guys, please... apa yg kita lakukan akan selalu dilihat sama Tuhan, sekalipun kalian melakukannya di tempat gelap dan remang-remang. Please don’t try this at all before you are getting married..

Emang sih mungkin buat kebanyakan orang, bahas seksuality itu tabu. Apalagi dr. Boyke juga jelasinnya pake gambar-gambar yg menyeramkan tentang penyakit kelamin, HIV, aborsi dan beberapa gambar yg ekstrim lainnya yg bikin gue tutup mata karena jijaaayyyy liat penyakit-penyakit “kutukan” karena manusia terlalu banyak “bercanda” dengan Tuhannya. You play God too much, people.. Pesen dokter: jauhin sex bebas dan be faithful alias setia! Thats all.


Lalu berlanjutlah perjalanan gue untuk diskusi dan konsultasi soal kerjaan dan passion sama pasangan suami istri ‘big sister and big brother’ yg saling bersinergi luar biasa. Gue udah nganggep mereka kayak kakak gue sendiri *tapi gak tau deh mereka anggep gue apaan :p *. Dan lucky-nya lagi salah seorang diantara mereka berprofesi sebagai psikolog. Lengkaplah sudah kebahagiaan gue yg gak perlu bayar tagihan konsul tiap diskusi sama mereka..haha *piss kakaakk (^.^)v
Si kakak laki-laki nguliahin gue tentang hakikat pekerjaan. Sambil mengutip kata-kata Prof. Rhenald Kasali kalo pekerjaan itu selalu punya kurva yg bentuknya S. Setelah menanjak, maka kita akan stagnant dan semua terasa membosankan karena comfort zone. Alhasil karena kata-katanya, gue makin galau dan resah. Gak lupa gue pun sharing tentang makna kehidupan dan ─apalagi kalo bukan─ jodoh. :p Dari diskusi yg super deep, ’big brother’ bilang kalo begitu banyak orang-orang yg kita temui, baik dan jahatnya akan Tuhan kasih signal supaya nurani dan hati kecil kita mengetahuinya. Dan cara yg paling efektif salah satunya adalah dengan berdoa. Ketika kualitas kita berdoa dengan Tuhan sudah sangat besar, maka secara otomatis doa membuat tak ada hijab lagi antara kita dengan Tuhan. Dari situlah Tuhan akan “hidup” dalam diri kita, melalui petunjuk dan bimbingannya secara naluriah. FIX! abis ini bukannya galau lagi, tapi udah masuk ke gejala stress..haha. Duuh.. berat banget rasanya hari gue di tanggal merah ini. *sigh


Ahh hari ini cukup melelahkan. Akhirnya gue putusin untuk pulang naik angkot hijau daripada bus teh kotak. Maksudnya sih biar cepet sampe dan gue rehat dulu dari ceramah orang-orang di dunia ini barang sekejaaap aja.. Tapi apa daya, kemudian gue liat ibu-ibu di angkot yg bawa-bawa gembolan rice cooker baru. Sudah pastilah dia baru beli tu barang. Gue pun iseng nanyain harga terupdate rice cooker sama ibu-ibu itu karena penampakan barangnya sama persis sama gue di rumah. Dari harga rice cooker, obrolan pun lanjuut ke harga AC, kulkas, blender, mesin cuci, dan alat-alat elektronik lainnya. Saampeee ngobrolin biaya pendidikan, harga sembako dan beras plastik. Entahlah... dalam hati gue cuma bilang, “Ini gue apa-apaan sih macam menteri ekonomi aja yg lagi sidak ke pasar nanyain harga-harga sama ibu-ibu rumah tangga..
Awalnya sih gue kira itu ibu rumah tangga biasa seperti ibu-ibu pada umumnya. Gak kepikir beliau itu “apaan”. Ternyata beliau cerita pernah kuliah hukum di Unair dan S2 hukum di Chicago. Salutnya lagi beliau ambil semua pendidikan itu dengan beasiswa.. Wuiiiih... rasanya pengen langsung standing applause buat si ibu.


Cerita belum selesai, abis si ibu turun. Gantian... Abang angkotnya curhat...
“Itu ibu-ibu hebat tuh Kak. Saya pikir ibu-ibu biasa. Saya juga dulu kuliah D3 perhotelan Kak. Tapi malah nyasar jadi supir angkot. Di Bogor udah 8 tahun, saya asli orang Sawarna. Kakak saya, sepupu saya, semua orang sukses, Kak.. jadi polisi sama tentara. SK saya di-gadai-in buat saya lanjut kuliah lagi. Tapi saya udah gak sanggup buat nerusin S1. Saya suka malu kalo reuni sm temen-teman. Semua pada sukses tapi saya cuma jadi driver. Tapi semua ada hikmahnya Kak.”
Gue pun tanya, “Kenapa ke Bogor, Bang?” Dia pun jawab, “Nyari orang, Kak.” Gue tanya lagi, “Ketemu?” Dia lalu menjawab ─dengan back sound lagu Sheila on 7 yg judulnya “Lapang Dada” ─ “Ketemu Kak... Udah nikah sama orang lain.”

JEGEEERRR!!! Seketika langit Bogor rame petir terus kamera berasa zoom in-zoom out ke muka abangnya...
“Tapi semua ada hikmahnya, Kak. Sekarang saya pacaran udah 4th. Pacar saya kuliah di Untar. Orang Citeureup. Makanya itu yg bikin saya betah di Bogor. Saya mau nabung aja buat nikah. Yah.. HIDUP ITU PILIHAN, Kak.."


Gue pikir ngapain juga ini abang-abang malah curhat ama gue :p sampe masalah putus cinta terus punya pacar lagi lah segala diceritain sm gue :p. Gue sangkain abang supir angkot ini cuma sekedar bocah tanggung yg belum dapet kerjaan dan ngisi waktu dengan nyupir angkot. Ternyata gue salah... dari dia gue belajar bahwa semua derita itu ada hikmahnya. Dan dari dia gue tau bahwa jadi supir angkot adalah keberanian dia sebagai PILIHAN HIDUP.



Botanical Garden 230515
Yah apalah apalah cerita mereka semua yg babak belur gue temuin seharian. Tapi yg penting di sini pointnya, Tuhan punya tujuan mempertemukan kita sm seeebanyak orang lain di luar sana semata-mata untuk kita ambil pelajaran dariNya. Kadang kita suka kesel kenapaaa bisa ketemu sama orang yg nyebelin dan bisanya cuma bikin kecewa. Sadarkah kita, bahwa Tuhan punya tujuan kasih itu semua agar kita lebih menghargai dan tidak melupakan jasa orang-orang baik di hidup kita.
Lantas, sudahkah kita? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting.. :)