Selasa, 05 Mei 2015

I Saw You at The First Time

Changi 081114
Tak ada satupun daun yang jatuh luput dari penulisanNya..
Semua sudah tercantum dan tertata rapi di Arsy bersama jajaran rahasia Yang Mahakuasa
Pun kemarin hatimu bisa jadi berada di titik terendah,
esok berada di tempat paling tinggi...
Dan kemudian kembali lagi ke tempat paling dasar..
Bertemu orang-orang baru, lalu bertambah lah..lalu berlalu begitu saja
Pun semua sudah diaturNya..
Lalu, adakah alasan untuk menjalankan dinamika ini tanpa rasa percaya padaNya? :) (Widyanti, '15)


Haaihaaii guuys... 
Ketagihan niih nge-blogging lagi...entahlah mungkin karena masih dalam rangka rumput-rumput ilalang yg udah bersiiih,jadilah masih anget-angetnya pengen ngisi blog ini terus..hihi
“Kok blog terus yg diisi. Tu hati kapan diisi? *eeeaaaa..” Jhiaahh! Suara gaib yg menganggu kekhidmatan bercerita kita abaikan saja guys.hahaha

Biasanya tiap malem gini gue udah pasang pose siaga nih nangkring di atas tembok samping rumah. Bukan coy! Bukan buat ngintip rumah tetangga sebelah yg tembok kamar mandinya roboh setengah. *getok*
Gue itu adoring banget sama langit malam. Even itu langit isinya cuma bintang, bulan, barisan awan dan kawan-kawannya yg such a heavenly view... tiap mandangin mereka rasanya hati jadi damai, tentram dan aman sentosa macam hati pegawai-pegawai di akhir bulan.hahaha
Sayang gue gak punya balkon sih. Kalo punya mungkin tiap malem gue bakal bikin tenda sama api unggun kali buat kemping di sana. yakaliii..paling gue disamperin Pak RT sama petugas pemadam kebakaran gegara bikin api unggun di atas genteng.hahaha :D :D 

So,apa yg gw maksud dengan "When I Saw You at The First Time?" Kali ini gw bukan mau cerita tentang kisah first love gue yg (katanya) menggelora. Atau tentang pengalaman gue jatuh cinta sama tas Cocom Komariah *a.k.a CK alias Charles and Kate* yg harganya bisa buat gue jajanin cimol 48 kali, atau waktu pertama kalinya Dude Herlino ngambilin kertas-kertas Allysa Soebandono yg jatuh berserakan kemudian mereka saling bertatapan mata lalu mereka jatuh cinta? Aahh itu iklan shampoo. Kalian ngaco guys...


Kali ini gue mau berbagi tentang beberapa kisah inspiratif yg gue alami dan bisa kita ambil pelajarannya, guys...

Ada yg unik dr beberapa cerita yg akan gue share ini. Kisah nyata ini selalu gue temuin di pagi hari saat gue berangkat kerja naik bis coklat yg bentuknya kayak teh kotak kemasan yg terkenal itu. Seneng juga sih bisa nemuin kisah-kisah inspiratif macam gini di kehidupan sehari-hari. Biasanya yg gue temuin pagi-pagi itu tukang copet, macet, perut mules, muka bantal orang-orang, atau abang kenek bis yg bau ketek karena belom mandi.. *sigh
Tapi kali ini gue bisa nemuin mereka orang-orang yg kaya hati dan pelajaran dr Tuhan.
Begitu banyak cara Tuhan mengajari kita arti sebuah kesyukuran dan rahmatnya dari berbagai sisi kehidupan. Its not always in a "good way"..sometime you have to learn in the “s*ck way”.. adakalanya ilmu itu bs kita dapat dari hal yg kita gak suka. Dan gak melulu dr hal-hal yg passionate atau yg kita sukai.

Kiddos, '12 J
Simply example: gue memang punya passion yg tinggi di bidang pendidikan anak. All about it, I really love them. Tapi apa kalian pikir dunia anak-anak itu cuma seputar main masak-masakan bareng, main papah-mamah sama adek-adekan seharian, haha-hihi, dan lucu-lucuan sama mereka? NO NO guys.. gue pun perlu proses. Dari mulai dipipisin, dikasih "jackpot", digigit... Literally itu hal-hal yg dulu gak pernah gue bayangkan sebelumnya. Dan apa gue suka? Not really.. tp karena hal itulah gue jadi lebih memahami dunia mereka lebih dalam dan lebih dalam lagi macam lagu menanam jagung yg dicangkul makin dalam.. *mau nanem jagung apa nanem jenazah?* (-__-“)

Pun halnya pengusaha-pengusaha yg sukses di bidangnya. Kalian pikir mereka langsung ongkang-ongkang kaki terus pake celana pendek macam Om Bob Sadino? Selain mereka (mungkin) dulunya senang pake sarung, mereka juga bisa jadi ikut nguli, manggul barang di pasar, mengamati harga cabe-cabean atau terong-terongan, sampe ikutan ngitung rumusan sistem debet-kredit dan ikutan nyatet utang-utang pelanggan di tokonya si Engkoh.. apa mereka menikmati? Surely, gak semuanya mereka sukai.. tapi perjuangan tetaplah perjuangan. Dan hasil tak akan pernah menghianati prosesnya..
See... mereka jadi pengusaha-pengusaha sukses yg mumpuni di bidangnya..punya istri cantik, perhatian, suka arisan dan setia sampai maut memisahkan.. *eeeaaaa
So proud of them..

And the last case, buat all you guys yg masih menyandang status jadi mahasiswa saat ini, jangan pernah mudah menyerah ngerjain tugas-tugas yg berkarung-karung itu dr dosen kalian atau instruktur magang yg super detail (macam gue.qiqiqii).. Pernahkah kalian berpikir, bahwa dosen-dosen itu sebelum jadi dosen, mereka pun jadi asdos (asisten dosen dulu). Dan jauh sebelum itu, si asdos pun jadi mahasiswa yg juga di-bully sama tugas dosen, dikecengin sama kakak senior, dan diwajibin ikut praktikum yg kalo pura-pura tidur kalian akan dikasih nilai C alias rantai Karbon *bhahaha*, ataupun menanggung beban turun lapang, observasi dan ambil data kuesioner yg melelahkan dan gak berkesudahan macam penderitaan cintanya Ti Pat Khai yg tiada akhirnya.
Apa mereka, kalian, dan gue suka masa-masa kayak gitu? KAGAK BANGET! RUNYAM! *Kecuali pas mata kuliah yg asdosnya bikin mata gue berbinar-binar karena sakit mata ngeliat kekecean mereka, baru gue seneng.mhahaha* :p

Tapi trust me, akan ada masa-masa dimana kalian akan merindukan perjuangan itu lagi.. Dimana semua perjuangan dibangun dari 0, dari cucuran keringat dan air mata, juga penderitaan akhir bulan yg amat menyayat hati dan dompet..
Yg jelas dalam perjuangan nggak pernah ada yg instan, selain mie instan, bubur instan dan kopi siap seduh..
Percayalah..sungguh kesuksesan hanya berjarak antara kening dan sajadah.. so, berjuanglah Captain Tsubasa!! \(^_^)/

When I Saw You at The First Time...

Morning story...
Cerita ini adalah awal dari segala morning story-morning story yg mengiringi kehidupan gue di pagi hari. Waktu itu di dalam bus Depok-Bogor ada bapak-bapak setengah baya yg berkemeja rapi duduk di barisan ke dua dari belakang supir. Diliat-liat ternyata bapak itu bawa tongkat dan pakai kacamata hitam. Oh, Bapak itu disabilitas tunanetra rupanya.
Betapa amaze-nya gue liat kegigihan itu bapak-bapak. Sendirian, naik bus pulak, dan tersendat-sendat naikin barang yg dibawanya ke atas bus. Apa bapak itu sengaja mau "me time" dan akhirnya sendirian aja gak mau ditemenin? Bukan men.. Bapak itu boleh jadi memang kepala keluarga yg sedang berjihad cari nafkah utk keluarganya di rumah. Tetiba gue langsung inget bokap gue di rumah T_T (dan utang-utang gue di warung yg belum dibayar). Seketika serasa ada tetesan air di pipi gue.. Oh ternyata atap bisnya bocor... *kamuflase :p *

Begitu liat tangan kanannya yg pegang air minum gelasan, aahh sudah pastilah ketebak si bapak ini adalah seorang penjual…... Iya, beliau adalah penjual kerupuk.. Laahh?? Iya soalnya di tangan kanannya ternyata banyak kerupuk opak yg berbungkus-bungkus. Masyaalloh..betapa bapak itu sangat menghargai kerja keras.
  • Kenapa bukan jadi peminta-minta aja coba?
  • Kalo nanti ada yg beli terus kabur belum bayar, gimana?
  • Kalo nanti ada yg ngaku-ngaku kenal sama Euis, Ara dan Agil yg juga sama-sama jualan opak terus ambil opaknya tu bapak kemudian pergi gak ngasih uang, gimana?
  • Atau kalo nanti ada yg beli ternyata cintanya, eh.. uangnya palsu, gimana?
Gimana, gimana dan beberapa pertanyaan-pertanyaan beruntun lain bak soal UMPTN bertaburan di otak gue..
Tapi jangan risau, Tuhan selalu punya cara indah utk menjaga Bapak penjual kerupuk itu. Yg ia tau hanyalah kata-kata elok Baginda Nabi dalam haditsnya bahwa tidak ada hal yg lebih baik daripada memelihara harga dan kehormatan diri.. dan itu adalah salah satu ahlak yg mulia. Correct me if Im wrong..
Bapak itu lalu minta bantuan kenek dan orang-orang sekitar utk turun bus sambil meraba-raba tangga pakai tongkatnya.
Oh bapak penjual kerupuk opak...thank you so much for all your sincerity.. I adoring you when I saw you at the first time.. :')


Other "morning story"..

Jagoan :D
Siapa bocah ini? Apakah dia Bolang, si Bocah Alang-alang? Atau dia pokemon? Atau dia Mojako dari luar angkasa? Ahhh~~ masa kecil kalian *absolutely gue jugak sih* :D bahagia banget yaah sampe tau-tau film kartun yg ngehits di jaman purba itu..hahaha
Gue gak tau siapa anak ajaib ini. Yg jelas dia bukan temennya Joshua si anak ajaib, atau pun si Marsha yg emak-bapaknya pun gak ketauan siapa… Dia cuma anak sekolah biasa yg mungkin kelas 2 SD pun belum tamat.

Bocah ucul (bahasa kekinian yg dibaca: lucu) ini bikin gue mangap gak udah-udah mulai dari dia nyetop bus, naik sendiri, dan dengan pedenya dia duduk di sebelah supir sambil celingukan. Ternyata gak cuma gue yg ngeliatin prosesi si bocah −dengan rambut klimis rapi, tas gemblok dan sepatu angry bird− ini naik bus. Semua penumpang, kenek, plus supir busnya pun nengok ke dia sampe dia duduk di tempat yg pewe (red: posisi wenak :p )

Hampir aja gue standing ovation buat dia karena dgn berani naik bis sendirian, iyaa.. SENDIRIAN.. Meeen… jaman gue segitu aja gue gak berani ke warung sendirian disuruh beli mecin… Ini bocah dengan santainya main naik bus aja gitu..
Rasanya saat itu juga gue pengen sholat tobat mengingat betapa cupunya gue dulu. Kemana-mana harus sama nyokap, sedangkan ini bocah dengan berani dan percaya diri naik bus secara mandiri pergi sekolah tanpa didampingi…

Sambil bengong dan mangap, abang kenek pun menyodorkan tangan tanda anak itu harus bayar ongkos. Sambil sedikit nengok dan penuh wibawa, si anak balas menyodorkan tangan hingga keluar lah uang dari sela-sela jari kecilnya…
“Cring… cring… cring….” 1500,00- rupiah saja… rupanya sudah bisa mengantarkannya ke sekolah tempat ia tuju..

Ternyata jalan yg kami lalui macet banget. Si anak pun mulai goyah.. galau antara turun atau tetep stay duduk manis di sebelah supir…
Tak lama dia membuat keputusan mengejutkan yg membuat gue lagi-lagi speechless kehabisan kata-kata.. Dia putuskan untuk turun dari bus, setelah bus berjalan sekitar 14 meter dari tempat anak itu naik…
Iya… jarak 14 meter saja… dan anak itu, turun….
Gue pun terperangah dan bertanya-tanya maksimal dalam hati, “Lah?? Kenapa tu bocah turun? Dia gak sabar kali yah karena macet?”
Ternyata jawabannya adalah…. DIA SUDAH SAMPAI DI SEKOLAHNYA…. pffttttttttt
Please… gak perlu gue jelasin kan berapa jarak dari mulai dia naik bus sampai dia turun?? Kalian bisa hitung sendiri pake rumus phytagoras atau trigonomoetri…
ADEEEKKK… PLEASE DEH… kirain sekolahnya jauh… kalo cuma segitu deketnya kenapa nggak…. Aahh sudahlah… HAHAHAHA *kemudian gue memilih untuk berendam di curug Gunung Pancar* (-__-")
Duuh kalo adek gue, udah gue traktir cireng sepanci kali dia.. biar kenyang sekalian…mhahaha
 Yah whatever… adek, I love you when I saw you at the first sight… you are so cool.. *kecup

Morning Story (Cont…)

Pagi itu seperti pagi-pagi yg lainnya,sudah duduk enak di bus “teh kotak” yg kece ini…
As always, tempat favorit adalah deket jendela, biar bisa liat pemandangan jalan..
Tapi tunggu dulu… ada pemandangan yg nggak biasa. Di simpang jalan tiba-tiba bus berhenti karena ada penumpang yg mau naik. Bocah tanggung dengan seragam putih-biru, serta ransel dan pembawaan yg ajeg dan pasti lalu naik ke dalam bus.
So sorry, untuk menjaga kode etik dan norma kesopanan fotonya gak gue abadikan. :)
Di telinganya ada sesuatu. Kabel putih panjang, seperti bentuk ear phone yg kita punya untuk dengerin list lagu MP3. Tapi dimana MP3 miliknya? Apa disimpannya di saku? Tak ada… Ternyata ia tak pernah menggunakan ear phone. Tak ada lagu apalagi playlist MP3.
Itu bukan earphone… itu alat bantu dengar… :’)
Ternyata ini bocah spesial yg Tuhan berikan keistimewaan dengan disabilitas sebagai tunarungu..
Ya..anak ini ternyata bocah kecil yg selama 5 th belakangan ini secara mandiri pergi ke “sekolah yg khusus untuknya” nemenin hari-hari gue berangkat kerja naik bus..
Dulu dia masih SD dan seragamnya pun masih merah-putih.. Sekarang dia semakin terlihat mandiri dan percaya diri dengan seragam SMP nya tetap pergi ke sekolah yg sama untuk belajar..
Dengan alat bantu dengar telinga yg selalu terpasang, ia berani dan tanpa ragu bicara semampunya minta abang kenek dan pak supir untuk menghentikan busnya karena sekolah tujuannya sudah sampai... :)
Little brother, You break my heart when I Saw You at The First Time… :’) *crying*


Dalam hati selalu merasa takjub dengan orang-orang seperti mereka.. Begitu Tuhan
menyayangi dan memberikan kehidupan yg indah untuk setiap mahluknya..
Lantas mengapa kita selalu merasa kecewa atas hal-hal kecil yg tidak sesuai walau sebenarnya itu adalah tanda Tuhan menyayangi kita?
Gue belajar menghargai jerih payah dan rizki yg halal dari seorang Bapak penjual opak, gue belajar memiliki jiwa pemberani dari seorang bocah kelas 2 SD, dan gue merecharge semangat dari seorang anak tunarungu yg giat menuntut ilmu..
Maka hikmah mana lagi yg kau ingkari bahkan dari mereka pun akan mengalir dengan derasnya...

Mungkin ketika kita dilanda jalan buntu, mungkin kita akan merasa seluruh beban orang-orang sekelurahan ditanggungkan semua sama kita..
Gue mungkin akan langsung berpikir untuk memilih melakukan perjalanan wisata ke Planet Pandora tempat Avatar berada kalo masalah di bumi udah cruel dan otak dan hati yg gak sinkron. Atau gue akan mengajukan cuti untuk sejenak guling-guling di padang rumput Teletubbies bersama baby sun, kemudian gue akan main ke middle earth untuk minum teh bersama di rumah The Hobbit.

Tapi hidup nggak se-lucu itu, kawan…
Satu pesan gue yg nggak bisa kalian jadiin quote pribadi ataupun tinjauan pustaka untuk karya ilmiah kalian, 
Meski berada dalam lorong yg gelap, kita harus tetap berjalan, sayang.. Berjalanlah hingga kau menemukan ujung yg terang. Berjalanlah dengan semburat-semburat cahaya minimal yg memandumu hingga ke ujung jalan penuh cahaya.
Meskipun sempit, meskipun pengap dan gelap, tetaplah berjalan mencari cahaya.. tetaplah bergerak.. Kau boleh berhenti sejenak, untuk menarik nafas atau untuk kemudian berjalan kembali. Tapi jangan pernah berhenti.. Teruslah bergerak, move on... move up...
Jika kau tak pernah bergerak, bagaimana kau akan tahu ada cahaya terang di ujung lorong sana, bukan? :) 
(Widyanti, '15)

 "Harus yakin... Pasti bisa..."

See yea guys.. lav you full to the moon and back.. *smooch*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting.. :)