Jumat, 22 Mei 2015

Selalu Ada yang Pertama, Kan?

Dududuu~~ sempet bingung mau share sama cerita apa di blog selanjutnya ini. Tadinya pengen cerita tentang film kartun apa aja yg dulu pernah nge-heeits di zamannya (actually zaman gue.haha) agak kolot ya boo pake kata-kata “zaman”. Berasa di zaman purba gitu. :p
Tapi karena ke-hectic-an kerjaan dan field trip anak-anak bulan ini, menciut lah hasrat untuk sharing film kartun kesukaan gue waktu masih bocah. Mudah-mudahan next time kita bisa sharing bareng ya guys tentang kartun kegemaran kita yang kece di zaman dahulu kala.muehehe.




"Selalu ada yg pertama, kan?"
Ini kata-kata dari salah satu temen gue yg masih terngiang-ngiang di hati dan pikiran gue sampe sekarang. Sebut saja namanya, eumm... "Bunga" haha. Gue panggil dia Cekih, si kepala suku keluarga Cekibeng, yg nama aslinyaa.... heummm..gausah gue sebut layaa.. khawatir dia mendadak terkenal dan hidupnya jadi gak tenang. :D
Karena dulu kesukaan gue dan teman-teman sepermainan di salah satu community yg gue ikuti adalah bermain imajinasi jadi papah-papahan,mamah-mamahan dan anak-anakan, -_-" maka kami berinisiatif membentuk suatu keluarga bahagia yg beliau jadi kepala keluarganya dengan hati yg terpaksa senang :D

Entah apa yg mentrigger gue panggil nama dia yg udah jelas-jelas emak bapaknya pake selametan bubur merah bubur putih ngasih nama bagus-bagus,terus sekonyong-konyong gue ganti nama panggilannya pake nama yg kurang tenar macam beginian.Haha dasar temen kurang ajar.. #gue mah kan gitu orangnya :D
Tapi tenang, dia dengan senang hati kok menerima panggilan kita-kita dengan nama "Cekih". Karena kita satu keluarga, Keluarga Cekibeng..

Salah satu hobi gue ─yg pastinya juga hobi banyak orang keren lainnya─ itu main gadget. Gue sayang banget sama si pinki ini. Smartphone dengan casing sweet gula-gula warna merah muda ini selalu bisa jadi tempat serbaguna buat gue ngapain aja. Ya kerja, entertain, eksis di media sosial, sampe meeting sama staff gue lakuin pake gadget ini. Dan gue selalu melakukannya di dalam bus kotak tiap gue pulang kerja. Sambil menikmati suara bus yg bising bin berisik, traffic jam yg panjang dan menjemukan, serta langit Bogor nan indah mempesona, kerjaan gue hampir bisa dipastikan utak-atik smartphone gue satu ini. Sampe tetiba kenyamanan gue terusik karena kuota internet gue abis. Buat kita-kita manusia “online” udah pasti ngehe' banget moment kayak gini. Panik lah gue. Keringat bercucuran, puter otak sambil inget-inget pelajaran waktu sekolah dulu berharap bakal ketemu solusinya,
"Apa yg harus kita lakukan jika kuota internet habis?"
a. Teriak
b. Telepon polisi
c. Sms mama minta pulsa 
HAH! Solusi-solusi lebay bertebaran di otak gue. Gue gak boleh stuck macam begini.. gue harus tegas sama diri gue sendiri dan segera ambil keputusan! (mau beli pulsa aja ribednya macam milih jodoh yee boo... -_-" )

Akhirnya setelah turun dari bis teh kotak, gue putuskan untuk mampir sejenak di "Indonesia" maret buat beli pulsa yg gue butuhin. Begitu masuk orang-orang ramee syekaliii dan antri di kasir. Ah,apakah mereka mau demo? Atau mereka suporter Persikabo? Oh ternyata mereka mau bayar belanjaan. Makanya mereka numpuk di kasir. 
5 menit gue berdiri di depan mbak-mbak kasir macam supervisor yg lagi sidak. Akhirnya dengan berani gue sela kerjaan mbak kasir sambil bilang, "Mbak ada pulsa?" Duh..rasanya lega banget kata-kata itu muncul juga dari mulut gue. Gue pun bersiap-siap dengan harap-harap cemas ngapalin nomer hp supaya kalo sewaktu-waktu mbak kasir nanyain gue bisa lancar menjawab. Lama menunggu ternyata jawabannya, “itu pulsa ada di sana,” dengan gerakan tangan mengarah ke rak-rak display sembako.
Jhiaaa...gue kecele dan agak separo cengo menelaah maksud mbak kasir itu. Apa maksud mbak satu ini? apa pulsanya dipajang di rak-rak minyak goreng gitu? Orang-orang pun ngeliatin gue yg kebingungan dan merasa berdosa karena ketauan gak pernah beli pulsa di minimarket. :p Tapi gue harus move on cari tempat pulsa yg mbak kasir itu maksud.

Ternyata yg dimaksud adalah layar LCD touch screen yg bisa digunakan pembeli kalo mau beli pulsa. Sistemnya manual dan self service. Jadi pembeli yg mau beli pulsa bisa teken-teken deh tu layar. Karena gue asli bener-bener gak ngerti, gue pun tanpa sungkan minta bantuan mas-mas minimarket itu buat kasih tau caranya. "Mas, saya bisa dibantu?" tanya gue sambil senyum-senyum manja dan kamuflase. Dengan sigap si mas-mas langsung lari menghampiri gue. Mungkin karena dia tau gue norak banget dan baru pertama kali beli pulsa di situ. :p Nomer hp pun gue masukin dan order nominal sesuai yg gue butuhkan. Tanpa butuh waktu lama, struk pembayaran pun keluar dari mesinnya dan teuteeuuup... mas-masnya mengarahkan gue ke kasir untuk bayar. Yiaah.. gue pikir udah aja gitu gak usah bayar lagi.. *ngarep.hahaha

Aah~~ kekinian sekali minimarket-minimarket zaman sekarang.ish ish ish.... Atau emang guenya aja yg old school alias gaptek ketinggalan banget info kayak gini. Maklum lah, gue beli pulsa lebih sering by order ke temen sekantor. Selain lebih praktis, bayarnya pun bisa di pending sampe akhir bulan.ahahaa :p
Tapi gue senang, karena ternyata ada hikmah dibalik ke-katro-an gue. :p
Yah apalah-apalah kata orang, yg penting gue bahagia bisa dapet pengalaman baru dan bisa "get some new experience". Buat gue, harganya lebih mahal dibandingkan rasa malu dan rasa berdosa karena gaptek yg gue rasakan saat itu. :D
Dan Selalu ada yang pertama, kan?"─ kata-kata sakti temen gue pun terbukti.. :)

Pengalaman secuil gue beberapa waktu yg lalu ini gak baru sekali aja gue alami. Sebelumnya gue pun belajar pengalaman yg luar biasa tak terkira bagaikan bintang-bintang kecil di langit yang biru waktu gue berkesempatan untuk visitasi dan "tugas belajar" ke negara ─yang kalo sepupu gue bilang─ ada patung "Singa Muntah"nya a.k.a Singapura, tahun lalu.
Di negara yg bersih dan konon sangat teratur ini semua serba rapi dan tertib. Sistem dibuat serapi dan teratur sedemikian rupa bagi warga negara dan wisatawan asing yg tinggal ataupun sekedar berlibur di sana. Mulai dari masuk bandara, gue udah terkesima liat lantainya yg semuanya ditutupin karpet ala ala gedung nikahan. :p Mungkin lebih ekstrimnya lagi, kalo kalian mau guling-guling di lantai pun rasanya udah semacam guling-guling di padang rumput teletubbies kali...
Gak ada sampah, *sorry to say* ludah, orang ngerokok sembarangan, atau pun janji-janji palsu yg sembarangan... *eh :p
Semua serba apik, high technology, dan taat peraturan. Mungkin juga efek peraturan yg tegas juga membuat penduduk di sana ─mau tak mau─ taat sama negara. Maybe... it's just my humble opinion...

Gue bersyukur dikelilingi orang-orang dan dibimbing oleh orang-orang yg sangat mengapresiasi setiap proses yg gue jalani dengan nilai lebih tinggi dibandingkan hasil akhir yg didapat. Hal itu memotivasi gue untuk mensyukuri dan menghargai setiap moment yg gue dapat dalam hidup. :)

Changi 061114
Gue masih inget gimana untuk pertama kalinya gue tergagap-gagap latihan ngomong bahasa inggris waktu siap-siap periksa passport sama petugas imigrasi. Ternyata petugas imigrasinya bisa bahasa indonesia. Sia-sia sudah kegelisahan gue saking takutnya ngomong pake bahasa inggris yg notabenenya gak bagus-bagus amat gue gunain. Kalo bisa sujud sukur, langsung cium karpet deh gue.hahaha :D

Begitu juga waktu gue baru tau, kalo naik eskalator harus berjalan di jalur sebelah kiri. Karena jalur sebelah kanan adalah untuk orang yg terburu-buru dan in a rush. Jadi no wonder aja kalo ada orang yg berdiri manis di jalur cepat (kanan), kalian harus siap-siap diliatin dari atas sampe bawah dengan tatapan jutek. Ini terjadi lhoo waktu gue di sana. Ada turis *entah* lokal atau asing yg berdiri di jalur kanan. Dan bener aja dong orang di belakangnya melihat dengan tatapan murka bak muka staff-staff gue di kantor kalo lagi tanggal tua, sambil bilang, "Excuse me!" dan berlalu begitu saja tertiup angin muson barat...

Bingung tingkat
nasional. hahaha :p
Hal yg paling gak terlupakan dan "selalu ada yg pertama, kan?" buat gue selama di sana adalah saat beli tiket MRT dan change uang dolar singapura untuk dapetin tiket pulang naik MRT. Alamaaak... ribed boo... T_T tapi menyenangkan... :D
kalian harus masukin dulu sejumlah uang tertentu dan order tiket yg dibutuhkan ke dalam mesin. Nanti mesin secara otomatis menghisap uang yg dimasukkan dan change deh sama tiket MRT. Awalnya gue dan partner gue "si mbak kece" ─kita selalu kemana-mana berdua─ kesulitan memahami maksud dan maunya si mesin tiket. Kemudian kami dibantu sama penduduk lokal step by step sampe tiket siap dipakai naik MRT. Mungkin mereka kasian liat kita yg udah kelelahan jalan-jalan dan pengen cepet-cepet balik hostel makanya mereka bantu kita dengan senang hati (atau sebenernya mereka kesal karena kita terlalu kelamaan :p )

Dan masih baaaanyaaaak.... lagi pengalaman-pengalaman yg selalu jadi yg pertama dalam hidup gue. Naik sky train, menyimpan wadah makanan yg selesai digunakan ke dalam rak "Halal" dan "Haram" sesuai jenisnya, sampe minum dari keran otomatis... :p
Memang gak setiap orang bisa menganggap spesial moment-moment yg seperti gue rasakan. Karena kita gak akan pernah bisa membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain, sampai kapan pun.. Tapi yg spesial akan selalu jadi yg berkesan, kan? :)
Dulu, gue selalu ketakutan dan dalam keraguan untuk mencoba hal yg baru di hidup gue. Rasanya perlu pikir panjang dan "takut salah" kalau-kalau gue gagal mencoba sesuatu. Tapi kita gak akan pernah tau jawabannya kalo kita gak pernah nyoba, kan?
Dan nasehat temen gue yg satu ini gak akan pernah gue lupa sampai nanti..
Changi 091114
"Kalau kamu ragu atau takut, terus aja coba. Perlu juga kan kita keluar dari zona nyaman.. Jangan takut gagal atau malu kalo salah. Karena akan selalu ada yang pertama, kan?" :) 
I Love You, Guys... :* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting.. :)